Bunda, Seperti Ini Cara Melatih Disiplin pada Anak Sejak Dini

  • Post by Julia
  • Apr 30, 2021
post-thumb

Cara Mendidik Anak Supaya Disiplin - Apakah anak Anda akan langsung menangis ketika dia tidak mendapatkan apa yang dia inginkan, atau ketika dia dilarang bermain alat untuk waktu yang lama? Bunda dan Ayah, mungkin ini saat yang tepat untuk mendisiplinkan si kecil.

Anda tidak hanya mengajari anak Anda apa yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan, tetapi lebih dari itu, disiplin juga berarti mengajari anak untuk mengikuti dan menghormati aturan yang ditetapkan. Disiplin anak merupakan salah satu bentuk pola asuh yang harus dilakukan oleh orang tua.

Terapkan disiplin kepada anak-anak

Menerapkan disiplin kepada anak-anak sangat membantu dalam melatih mereka bagaimana mengendalikan emosi dan membuat pilihan yang baik untuk diri mereka sendiri. Orang tua dan ibu bisa menerapkan disiplin kepada anak secepatnya, lho. Tapi caranya harus dimodifikasi sesuai umur ya.

Untuk anak usia 6 tahun ke atas, ada banyak cara asyik untuk melatih kedisiplinan anak di bawah umurnya, seperti:

Bicarakan tentang aturan yang akan diterapkan

Sebelum membicarakan peraturan di rumah dengan anggota keluarga lainnya, Anda bisa berbicara dengan si kecil terlebih dahulu. Jelaskan kepadanya aturan di rumah, seperti membuat mainan, merapikan tempat tidur, dan tidak menangis saat Anda tidak mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Kemudian tanyakan apakah dia keberatan, serta aturan atau konsekuensi apa yang dianggap sesuai oleh si kecil. Dengarkan baik-baik. Diskusikan hal ini di tempat yang nyaman agar anak merasa nyaman, misalnya di dalam kamar atau taman bermain.

Diskusikan aturan dengan keluarga

Setelah anak setuju untuk mematuhi aturan, bicarakan hal ini dengan anggota keluarga lainnya. Kemudian mintalah anggota keluarga lainnya untuk menyarankan saran tentang peraturan yang telah diberlakukan.

Setelah semua anggota keluarga siap mematuhi aturan yang ditetapkan, tulis aturan tersebut di selembar kertas. Berikan kertas itu kepada anak Anda untuk didekorasi bersama anak Anda, dan biarkan dia memutuskan di mana akan menempelkannya.

Tetap berpegang pada konsekuensinya

Ketika si kecil membuat kesalahan atau melanggar aturan yang telah ditetapkan, biarkan dia menerima konsekuensinya. Tidak mudah bagi orang tua untuk melihat anak kecil mereka sedih. Namun, ini berguna agar anak Anda bisa mengubah perilaku buruknya.

Memberikan hadiah

Beri anak kejutan berupa hadiah satu kali. Hal ini akan membuatnya merasa bahwa apa yang selama ini dilakukannya tidak sia-sia. Tidak harus mahal, intinya mampu memahami konsep disiplin yang dijalankan dengan baik dan akan membuahkan hasil yang baik pula.

Seiring waktu, si kecil akan terbiasa dan senang menerapkan aturan yang berlaku kapan pun dan di mana pun.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat menerapkan disiplin

Sebelum menerapkan disiplin pada anak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan orang tua, yaitu:

Bersikaplah konsisten

Konsistensi adalah hal terpenting dalam menerapkan disiplin pada anak. Cobalah untuk konsisten dengan aturan yang disepakati. Usahakan agar ayah dan ibu memberikan aturan yang sama, agar ia tidak merasa terbebani dan merasa tersesat.

Jadi ini adalah contoh yang bagus

Berusahalah selalu menjadi teladan yang baik bagi anak-anak Anda. Karena anak Anda akan meniru tingkah laku lebih dari kata-kata yang disampaikan oleh ibunya.

Berikan pengakuan

Jika dia melakukan pekerjaannya dengan baik, ucapkan kata-kata penghargaan, seperti “Terima kasih, saudara, hari ini sudah membersihkan tempat tidur.”

Seorang ibu juga bisa menyampaikan kalimat yang membangkitkan semangatnya ketika dia mencoba melakukan pekerjaannya. Misalnya, “Kamu sangat baik membantu mencuci piring setelah makan.”

Ingat, ketika anak-anak membuat kesalahan, jangan berlebihan. Kesalahan anak-anak adalah proses untuk memperbaikinya. Ajak si kecil untuk membahas kesalahan yang telah dilakukannya dan konsekuensinya.

Kemudian dia mempresentasikan solusi yang bisa dia terapkan untuk memperbaiki situasi, agar kesalahan tidak terulang kembali. Hal lain yang harus diingat orang tua ketika menerapkan disiplin adalah perilaku anak tidak akan berubah dalam waktu singkat.

Dibutuhkan banyak kesabaran saat mencoba menerapkan disiplin pada anak. Tapi jangan putus asa, ibu dan ayah. Jika perlu, konsultasikan dengan psikolog tentang bagaimana menerapkan disiplin yang tepat pada anak Anda.