Cara Mendidik Anak yang Baik, Inilah 5 Tips Mudahnya

  • Post by Julia
  • May 01, 2021
post-thumb

Cara Mendidik Anak yang Baik Dalam Keluarga - Mendidik anak adalah salah satu tugas pengasuhan anak yang paling sulit. Pasalnya, bayi merupakan masa ketika seorang anak kecil masih ingin bebas melakukan apa saja sesuka hatinya.

Setiap orang tua memiliki pendekatan yang berbeda dalam mendidik anak, ada yang lebih sabar, tetapi ada juga yang cenderung marah bahkan ada yang melakukan kekerasan seperti berteriak, memukul atau menjerit. Nah, berikut beberapa tips tentang cara mendidik anak yang baik.

1. Sebarkan cinta

Sebagai orang tua, Anda cenderung percaya bahwa anak Anda secara alami akan mencintai dan menjadi murah hati dan penuh kasih sayang. Memang benar, tetapi sebagai orang tua, Anda harus mengajarkan ini juga.

Biarkan anak melihat bagaimana Anda menunjukkan cinta dan kasih sayang kepada orang-orang di lingkungannya. Tawarkan ciuman dan pelukan kepada pasangan Anda saat Anda bersama anak-anak.

Katakan padanya bahwa Anda mencintai dan benar-benar peduli dengan kakek, nenek, paman, dan semua anggota keluarga Anda. Hal tersebut dapat menyampaikan rasa cinta dan kasih sayang ini kepada anak-anak sehingga ketika dewasa nanti mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang penuh kasih dan penyayang bagi orang-orang di sekitarnya.

2. Bersikaplah sopan

Ajari anak Anda tentang moral. Tunjukkan padanya bahwa ketika meminta bantuan, Anda harus mengatakan “tolong,” dan mengatakan “terima kasih” ketika seseorang membantu atau memberikan sesuatu dan mencium punggung tangan orang tua.

Hal ini dapat membantunya menjadi anak yang berperilaku sopan, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

3. Mengajar keadilan

Saat anak Anda cemburu dengan permainan temannya dan merusak permainan, Anda dapat menggunakan kejadian ini untuk mengajarinya bersikap adil.

Caranya adalah dengarkan dulu kenapa game temannya itu rusak, kemudian nasehatkan dia untuk meminta maaf atas kesalahan yang menimpa temannya itu.

Setelah itu, Anda bisa menyarankan agar dia mengganti atau membantu membersihkan mainan temannya yang rusak. Itu bisa mengajarinya untuk bersikap adil dan belajar menerima teman-temannya.

4. Menerapkan Kejujuran

Nilai kejujuran sangat penting untuk mendidik seorang anak cara terbaik dalam mengajarnya adalah menjadi orang yang jujur. Anda harus menjadi orang yang jujur ​​untuk mengajari dia nilai kejujuran agar anak bisa langsung menirunya.

Beri tahu dia sikap jujur ​​Anda, apakah terhadap istri, tetangga, atau orang dewasa lainnya.

Selain itu, cobalah untuk tidak bereaksi berlebihan kepada anak Anda ketika dia berbohong kepada Anda. Bantulah anak untuk mengatakan sesuatu dengan jujur ​​sehingga dia terdorong untuk mengatakan dan bertindak dengan jujur ​​setiap saat.

5. Jangan ragu untuk dihukum

Banyak orang tua tidak berani menghukum anaknya. Pemberian hukuman diperlukan untuk menunjukkan sikap tegas dalam mendidik anak. Tapi ingat, Anda juga harus mengukur hukuman yang diberikan kepada anak, dan jangan terlalu membebani dan menyakitinya.

Ini dilakukan agar anak-anak belajar disiplin. Misalnya, saat si kecil memukul, menggigit, atau melempar makanannya, Anda bisa menghukumnya dengan membawa si kecil ke dalam kamar.

Selain itu, Anda juga dapat memintanya untuk tinggal di kamar dan memikirkan apa yang telah dia lakukan selama beberapa waktu. Di sini Anda belajar bagaimana menjadi lebih tenang dan memberi Anda pemahaman tentang situasinya yang perlu dikoreksi dan mengapa.

Metode pengajaran anak ini dapat membuat anak belajar bahwa tidak semua hal dapat mereka lakukan dengan cara ini, apalagi jika merugikan orang lain.

Berikut lima cara untuk mendidik anak yang baik. Dengan menerapkan cara-cara mengajar yang baik ini, anak dapat tumbuh dan berkembang lebih baik karena mereka belajar di lingkungan yang mendukung tumbuh kembangnya.