13 Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Dalam Sekejap

  • Post by Julia
  • Apr 30, 2021
post-thumb

Cara Menghilangkan Bau Mulut - Meski bukan masalah medis yang serius, bau mulut bisa membuat kita merasa tidak aman. Bau busuk yang keluar dari mulut seringkali membuat kita merasa minder saat berbicara dengan orang di sekitar kita.

Namun, kini Anda tidak perlu khawatir lagi. Ada banyak cara mudah dan efektif untuk menghilangkan bau mulut. apa pun? Yuk, simak jawabannya di review selanjutnya.

Cara paling efektif untuk menghilangkan bau mulut

Lebih dari 90 persen kasus bau mulut berasal dari gigi dan mulut yang kotor akibat bakteri. Setiap kali Anda makan, potongan makanan bisa menempel atau tersangkut di sela-sela gigi Anda.

Akhirnya bakteri akan mengunjungi sisa makanan jika Anda sulit menyikat gigi. Bakteri tersebut dapat melepaskan senyawa belerang yang menyebabkan bau mulut.

Namun, ada banyak faktor lain yang juga bisa menyebabkan bau mulut. Dari merokok dan makan makanan dengan rasa yang kuat, hingga tanda-tanda kondisi medis yang serius.

Apapun alasannya, jangan sampai bau mulut menurunkan rasa percaya diri Anda. Di bawah ini adalah beberapa cara sederhana yang dapat Anda coba untuk menghilangkan bau mulut.

1. Minum air putih

Tahukah Anda bahwa mulut kering bisa menyebabkan bau mulut? Ya. Mulut kering menunjukkan penurunan produksi air liur. Ini dapat memengaruhi kebersihan mulut Anda.

Tanpa air liur, sangat mudah bagi bakteri penyebab bau mulut berkembang biak. Pasalnya, bakteri penyebab bau mulut bisa berkembang biak pada kondisi lingkungan yang kering.

Kemudian bakteri yang tumbuh dan berkembang biak ini menghasilkan senyawa belerang (sulfur) yang menyengat. Saat Anda membuka mulut, baunya tidak enak.

Karena itu, minum banyak air adalah cara termudah untuk mengatasi bau mulut dan menghilangkannya. Asupan cairan yang cukup dapat meningkatkan produksi air liur. Dengan begini, mulut Anda akan lebih lembap dan napas Anda tetap terasa segar.

Tidak ada pengukuran yang akurat tentang seberapa banyak Anda harus minum. Pastikan untuk segera minum segelas air setiap kali Anda merasa haus. Ingat, banyak minum air putih, bukan minuman berkafein atau minuman manis.

2. Gosok gigi

Para ahli sepakat bahwa gigi dan mulut yang kotor adalah penyebab paling umum dari bau mulut. Inilah sebabnya mengapa menjaga kebersihan mulut yang baik adalah cara paling efektif untuk menghilangkan bau mulut.

Pastikan untuk menyikat gigi dua kali sehari pada pagi dan sore hari dengan pasta gigi berfluorida. Fluorida adalah mineral yang secara efektif membantu melindungi gigi dari kerusakan.

Namun, jangan hanya menyikat gigi. Terapkan teknik yang benar agar Anda bisa mendapatkan hasil terbaik.

Hindari menyikat gigi terlalu keras. Alih-alih menyikat gigi dengan kuat, hal itu justru bisa mengikis enamel Anda. Inilah asal mula gigi sensitif.

Jangan lupa ganti kuas setiap 3-4 bulan sekali. Bulu sikat yang halus tidak akan efektif untuk membersihkan gigi dari plak dan sisa makanan.

3. Membersihkan gigi dengan flossing

Gigi yang putih, bersih dan cemerlang sepanjang hari adalah dambaan setiap orang. Agar tidak jadi mimpi, kamu harus membersihkan gigi setelah menggosok gigi.

Flossing adalah teknik membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi. Benang gigi dapat membantu membersihkan sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi dan tidak dapat mencapai bulu sikat.

Jika dilakukan secara teratur dan cara yang benar, flossing gigi bisa menjadi cara yang bagus untuk menghilangkan bau mulut. Hindari menggosok atau menarik dengan kuat.

Pasalnya, hal ini akan sangat melukai gusi dan menyebabkannya berdarah.

4. Pakai obat kumur

Apakah Anda ingin bau mulut hilang dalam sekejap? Berkumur dengan obat kumur, juga dikenal sebagai obat kumur.

Selain menghilangkan bau mulut, berkumur juga bisa membersihkan seluruh rongga mulut dari sisa makanan dan plak. Cara terbaik adalah berkumur dua kali sehari setelah menyikat dan membersihkan gigi dengan benang.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik, pastikan Anda tahu cara menggunakannya. Sebelum menggunakan obat kumur, perhatikan baik-baik daftar bahannya.

Hindari membeli obat kumur yang mengandung alkohol. Alkohol dapat mengeringkan mulut, yang dapat memperparah bau mulut.

Selain itu, gunakan obat kumur sesuai dengan takarannya. Pastikan Anda tidak menggunakannya secara berlebihan. Penggunaan obat kumur yang berlebihan dapat menyebabkan overdosis yang berdampak negatif pada tubuh.

Penting untuk dipahami bahwa pembilasan tidak dapat menggantikan peran flossing dan menyikat. Obat kumur hanya membantu mengurangi bakteri dan menyegarkan pernapasan.

Jadi, pastikan kamu juga rajin menggosok dan flossing gigi serta menggosok lidah setiap hari.

5. Bersihkan lidah

Tanpa disadari, lidah Anda penuh dengan plak dan bakteri penyebab bau mulut. Jika plak dan bakteri masih dibiarkan tumbuh dan bersarang di sana, bau mulut akan terus menghantui.

Sayangnya, berkumur dengan obat kumur saja tidak cukup untuk menghilangkan plak dan bakteri di lidah. Saat membilas, hanya lapisan plak terluar yang akan dihilangkan. Sedangkan bakteri di bawahnya masih menempel di antara permukaan lidah.

Untuk alasan ini, membersihkan lidah harus menjadi bagian dari rutinitas harian kita. Anda bisa membersihkan lidah dengan sikat gigi sebagai cara menghilangkan bau mulut.

Gosok dari pangkal ke ujung lidah secara perlahan dengan sikat gigi. Setelah itu, bilas mulut Anda dengan air bersih. Lidahmu akan bersih dan segar.

Jika sikat gigi tidak dapat mencapai bagian belakang lidah Anda atau Anda merasa tidak nyaman saat menggunakan sikat gigi, coba gunakan pengerik. Scraper adalah alat khusus untuk membersihkan lidah.

Alat ini dapat membersihkan bakteri, sisa makanan, dan sel kulit mati yang menempel di lidah. Jadi, setelah menyikat, flossing, dan membilas jangan lupa untuk menyikat lidah ya!

6. Berkumur dengan soda karbonat

Padahal, manfaat baking soda tidak hanya digunakan dalam pembuatan kue. Soda kue, juga dikenal sebagai natrium bikarbonat, juga dapat digunakan sebagai metode alami dan obat kumur untuk menghilangkan bau mulut.

Penelitian menunjukkan bahwa soda kue efektif membunuh bakteri penyebab bau mulut. Rutin berkumur dengan larutan soda kue juga bisa membantu membersihkan plak dan sisa makanan yang menempel di permukaan gigi Anda.

Cara menghilangkan bau mulut dengan menggunakan baking soda. Cukup larutkan dua sendok teh soda kue ke dalam secangkir air hangat.

Berkumurlah di sekitar mulut selama 30 detik. Setelah itu, singkirkan air bekas penguburan. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

7. Hindari makanan yang menyebabkan bau mulut

Meski rasanya enak, ternyata ada sejumlah makanan yang bisa menjadi sumber bau mulut. Misalnya bawang putih, durian, pisang, dan ginkgol.

Prinsipnya, semua yang Anda makan akan memengaruhi bau napas dan napas Anda. Ini karena senyawa penyebab bau mulut yang terdapat pada makanan tersebut bisa hidup di dalam mulut Anda.

Senyawa ini juga bisa masuk ke aliran darah dan paru-paru, menyebabkan bau tak sedap saat Anda membuka mulut.

Maka bijaklah dalam memilih pola makan sehari-hari sebagai salah satu cara untuk juga menghilangkan masalah bau mulut.

8. Berhenti merokok

Nafas perokok cenderung memiliki bau yang kuat dan tidak sedap. Ini karena perokok aktif lebih cenderung mengalami masalah mulut dan gigi.

Berbagai penelitian telah melaporkan bahwa perokok lebih mungkin mengembangkan penyakit gusi daripada bukan perokok. Penyakit gusi sendiri merupakan salah satu penyebab bau mulut.

Jika sudah begini, cara terbaik untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan berhenti merokok. Awalnya tidak mudah. Namun, Anda bisa mulai berhenti sekarang.

Anda pasti dapat melakukannya jika Anda mengambil keputusan dan bersungguh-sungguh. Jangan ragu untuk mencari dukungan dari orang-orang terdekat Anda jika ada yang tidak beres.

Ingatlah bahwa berhenti merokok tidak membuat diri Anda merasa lebih segar. Berhenti merokok juga meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Jika masih sulit, maka berkonsultasi dengan dokter adalah pilihan terbaik. Dokter dapat meresepkan beberapa obat atau mengobati berhenti merokok.

9. Konsultasikan dengan dokter gigi

Bau mulut bisa menjadi tanda kondisi medis yang lebih serius, seperti diabetes dan penyakit ginjal.

Oleh karena itu, bila cara-cara di atas tidak menghilangkan bau mulut, segeralah berobat ke dokter gigi.

Dokter akan menemukan penyebab bau mulut dengan memeriksa rongga mulut secara cermat. Ia juga akan menanyakan riwayat kesehatan Anda dan bagaimana cara menjaga kesehatan mulut Anda.

Jika perlu, dokter juga akan meminta Anda menjalankan serangkaian tes laboratorium untuk memastikan diagnosisnya. Setelah menentukan penyebabnya, dokter bisa menentukan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Anda mungkin akan diresepkan obat kumur khusus yang dapat digunakan untuk menyegarkan napas dan membersihkan mulut. Pasta gigi khusus juga dapat diberikan untuk membantu melindungi gigi Anda dari risiko timbulnya plak dan bakteri penyebab bau mulut.

Idealnya, periksa kesehatan mulut Anda secara rutin minimal setiap 6 bulan sekali.

Berbagai makanan menghilangkan bau mulut

Ternyata ada makanan dan minuman yang bisa meredakan bau mulut untuk sementara. Ini dikutip oleh Gerald B. Coratola, profesor kedokteran gigi di Sekolah Kedokteran Gigi Universitas New York di laman Kesehatan Sehari-hari.

Bila Anda tidak bisa langsung membersihkan gigi, cobalah beberapa makanan dan minuman di bawah ini sebagai cara menghilangkan bau mulut.

1. Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet bisa menjadi cara menghilangkan bau mulut secara instan dalam keadaan darurat. Selain itu, mengunyah permen karet dapat membantu meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan sisa plak yang menempel pada gigi.

Menurut drg. Tripty Messman, pendiri klinik gigi bernama CityTooth di Minneapolis, AS, mengunyah permen karet bisa menjadi solusi cerdas sebagai cara menghilangkan bau mulut saat tidak punya sikat gigi.

Sebaiknya, pilih permen karet rasa mint dan hindari permen karet yang memiliki rasa manis. Selain karena rasa mint bisa menutupi bau tak sedap di mulut, kandungan gulanya juga kurang baik.

Ini karena bakteri di dalam mulut bisa memakan gula yang ada di dalam permen karet yang rasanya manis, sehingga diproduksi asam di dalam mulut. Kondisi asam di mulut bisa merusak enamel gigi dan menyebabkan bau mulut.

2. Yogurt

Yogurt bisa menjadi cara lain yang bagus untuk menghilangkan bau mulut. Kandungan probiotik dalam yogurt dapat melawan bakteri jahat di mulut.

Tidak hanya itu, probiotik dalam yogurt juga dapat menurunkan jumlah hidrogen sulfida yang diproduksi oleh bakteri penyebab bau mulut. Harap dicatat bahwa hidrogen sulfida adalah senyawa yang menyebabkan bau berbeda dari mulut Anda.

Yoghurt tawar, juga dikenal sebagai yogurt tawar, adalah pilihan terbaik untuk mengatasi bau mulut. Pasalnya, gula yang ditambahkan dalam berbagai rasa yogurt bisa menarik perhatian bakteri jahat.

3. Apel

Selain bermanfaat untuk melancarkan metabolisme, ternyata buah ini juga berperan aktif dalam menghambat aktivitas bakteri penyebab bau mulut. Salah satu buah yang bisa Anda makan sebagai cara menghilangkan bau mulut adalah apel.

Manfaat apel bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Selain kaya serat bermanfaat untuk mempercepat metabolisme, apel juga efektif meredakan bau mulut.

Berkat kandungan polifenolnya, apel dapat membantu mencegah aktivitas bakteri penyebab bau mulut. Polifenol dalam apel juga dapat membantu menghilangkan senyawa atau gas yang mengeluarkan bau belerang di mulut.

Sementara itu, tekstur apel yang renyah saat dikunyah juga bisa membantu membuang partikel makanan yang tetap menempel di gigi. Tidak berhenti sampai di situ. Mengunyah apel juga bisa membuat mulut menghasilkan lebih banyak air liur.

Oleh karena itu, tidak jarang mengonsumsi apel menjadi cara jitu untuk menghilangkan bau mulut.

4. Makanan kaya vitamin C.

Sayur dan buah-buahan yang kaya vitamin C juga bisa menjadi cara yang sehat dan praktis untuk menghilangkan bau mulut.

Buah-buahan seperti jeruk, stroberi, jambu biji, dan anggur diketahui menghasilkan asam di mulut. Kubis, brokoli, dan kembang kol juga kaya akan vitamin C.

Asam yang dihasilkan buah dan sayuran ini dapat membantu mencegah bakteri jahat berkembang biak di mulut.

Di sisi lain, Vitamin C diperlukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri penyebab penyakit. Termasuk melawan bakteri penyebab bau mulut.