7 Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

  • Post by Julia
  • Apr 30, 2021
post-thumb

Cara Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat - Jerawat memang masalah kulit yang bisa mengganggu penampilan. Apalagi bagi orang dengan jenis kulit berjerawat tentu hal ini lumrah.

Tak hanya itu, bagi sebagian besar wanita masalah jerawat sering muncul pada masa pra dan pasca menstruasi akibat perubahan hormonal.

Yang membuat masalah jerawat lebih rumit adalah bekas luka yang ditimbulkannya sesudahnya. Bekas jerawat bisa berupa noda kemerahan atau hitam kecokelatan, atau bisa menjadi lubang cekung di area tertentu pada wajah yang terkena jerawat.

Bekas jerawat, atau yang juga dikenal dengan sebutan jerawat, bisa muncul akibat kebiasaan buruk memencet atau menggaruknya dengan tangan hingga jerawat pecah dan menimbulkan luka.

Luka yang muncul setelah jerawat pecah juga disebabkan oleh kelenjar sebaceous di lapisan dalam kulit yang terkoyak sehingga menimbulkan luka pada permukaan kulit wajah.

Lepuh ini bisa terjadi di lebih dari satu titik. Jerawat sangat mungkin muncul di setiap bagian jerawat, bahkan bagi sebagian orang, jerawat tampak hampir memenuhi pipi.

Tentu saja itu tampilan yang sangat mengganggu. Apalagi bagi wanita, permukaan wajah yang kasar dan banyak lekuk tubuh bisa membuat riasan yang sudah usang terlihat tidak sempurna.

Jangan khawatir, bagi yang sedang menghadapi masalah bekas jerawat atau jerawat, Anda bisa mencoba beberapa cara alami berikut ini. Berikut cara menghilangkan bekas jerawat atau jerawat dengan bahan alami.

Jeruk nipis dan madu

Jeruk dan madu merupakan campuran bahan alami yang dipercaya berkhasiat sebagai cara menghilangkan bekas jerawat atau jerawat. Tak hanya itu, campuran dua bahan alami ini juga mampu memudarkan bekas jerawat yang berwarna kemerahan hingga cokelat tua.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan formula ini sangatlah mudah yaitu dengan mengambil satu sendok makan madu, lalu campurkan dengan satu sendok makan air jeruk nipis.

Campur kedua bahan tersebut hingga merata, lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat, ramuan ini juga dapat digunakan sebagai masker dengan cara mengoleskannya secara merata ke seluruh bagian wajah. Biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

tomat dan mentimun

Dua bahan alami lain yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat adalah tomat dan mentimun. Kedua bahan ini diketahui mampu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk cara menghilangkan bekas jerawat atau jerawat.

Caranya tak kalah mudah, cukup menggiling kedua bahan tersebut dengan diparut, lalu campur kedua bahan tersebut hingga tercampur rata. Setelah itu gunakan zat ini sebagai masker dengan cara mengoleskannya ke seluruh wajah secara merata.

Setelah didiamkan selama 30 menit, bilas masker dengan air biasa hingga bersih. Anda bisa melakukan cara ini secara rutin tiga kali seminggu untuk hasil terbaik.

Lidah Buaya

Tidak dapat dipungkiri jika lidah buaya merupakan tumbuhan yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Selain digunakan sebagai bahan untuk mengatasi masalah rambut, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat atau jerawat.

Cara ini dianggap membantu mengurangi luka melepuh dan sembuh dengan cepat. Cara menghilangkan bekas jerawat sangatlah mudah, ambil sebatang lidah buaya dan kupas sampai terlihat daging di dalamnya.

Selanjutnya, oleskan cairan kental berupa lendir ke daging lidah buaya, ke seluruh wajah. Biarkan selama 30 dan 50 menit hingga kering. Terakhir, bilas masker lidah costal sampai bersih. Untuk cara yang lebih baik, Anda bisa membilas masker dengan air hangat dan melakukannya secara rutin.

Jagung kecil

Kandungan vitamin E dalam jagung juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat atau jerawat di wajah. Kandungan tersebut dipercaya sangat bermanfaat untuk proses regenerasi kulit.

Tidak membutuhkan langkah yang rumit, campuran ini bisa dibuat cukup dengan memarut sebagian ampas jagung hingga halus lalu menjadikannya masker wajah lengkap.

Ramuan ini juga bisa dicampur dengan madu dan jus lemon. Untuk hasil terbaik, masker ini dapat digunakan pada malam hari sebelum tidur dan dibilas pada pagi hari. Dengan menghilangkan bekas jerawat tersebut, proses regenerasi kulit di malam hari bisa lebih maksimal.

nanas

Jenis buah ini sangat cocok untuk ditambahkan pada minuman sop buah atau juga untuk di ubah menjadi minuman smoothie. Namun jangan salah, selain enak dimakan, buah nanas juga bisa dijadikan ramuan untuk menghilangkan bekas jerawat atau jerawat di wajah.

Caranya mudah, kupas nanas dan haluskan dengan cara diaduk. Saat sudah benar-benar lembut, gunakan bahan ini sebagai masker yang menyebar merata ke seluruh wajah. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

kentang

Kentang mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga kentang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat. Zat ini bisa digunakan sebagai masker wajah dengan cara mengupas kentang dan mencucinya hingga bersih.

Kemudian kentang dihaluskan dengan cara diiris atau diaduk. Setelah itu oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, bilas masker dengan air sampai bersih. Cara menghilangkan bekas jerawat akan efektif jika dilakukan secara rutin.

Daun sirih

Daun sirih mengandung banyak kandungan atau senyawa yang berguna untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Sprei ini juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat atau jerawat di wajah. Anda bisa mengambil 10 lembar daun sirih lalu mencucinya hingga bersih.

Apalagi daunnya tumbuh hingga halus. Selesai, lalu oleskan tumbukan daun sirih ke bagian wajah yang terdapat bekas jerawat. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Cara menghilangkan bekas jerawat bisa dilakukan secara rutin setiap hari, kemudian anda akan mendapatkan permukaan kulit wajah secara perlahan menjadi lebih halus dan lebih rata.