10 Cara Mendidik Anak yang Keras Kepala

  • Post by Julia
  • Apr 26, 2021
post-thumb

Menjadi orang tua bukanlah perkara yang mudah, ada begitu banyak tanggung jawab yang harus kamu pikul, terutama dalam cara mendidik anak yang keras kepala.

Hal ini yang terkadang membuat orang tua menjadi pusing untuk mencari solusi terbaik untuk anak mereka. Nah, kali ini kami akan berbagi 10 tips mengenai cara mendidik anak yang keras kepala.

Berikut tipsnya yang kami rangkum dari berbagai sumber:

10 Tips Mendidika Anak yang Keras Kepala

sumber emakbloger.com

Berusaha Tidak Melawan Argumen Anak

Anak sering kali keras kepala dan mengutarakan argumen mereka. Namun, kamu sebagai orang tua haruslah tidak membantah argument mereka. karena hal ini akan menjadi perdebatan dan terjadi kerenggangan antara orang tua dan anak.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah menjadi lebih bersabar dan mendengarkan apa yang ia katakan. Lalu beritahu mereka secara perlahan anatara mana yang baik dan mana yang salah.

Saat kamu menunjukkan sikap yang sabar pada anak, secara perlahan anak mereka akan mengerti dan memahai apa yang harus mereka lakukan.

Cara mendidik anak yang keras kepala selanjutnya yang perlu mom terapkan adalah menunjukkan sikap sebagai teman baik pada anak.

Misalnya, jika anak ingin menonton televisi dan tidak mengerjakan tugas sekolah mereka. Cobalah untuk menemani mereka mononton tv dan menanyakannya secara perlahan. Kenapa pekerjaan sekolah kamu tidak di kerjakan, apakah kami tidak takut mendapat hukuman di sekolah?

Usahakan jika menanyakan anak dengan perlahan, bukan dengan nada tinggi.

Memberikan Anak Pilihan

Saat mendidik anak yang keras kepala, cobalah untuk memberikan mereka pilihan. Contohnya, saat mom menyuruh anak untuk membersihkan kamarnya, berikan mereka pilihan bagian kamar mana yang ingin mereka bersihkan.

Dengan cara ini, anak akan meresa mendapat kepercayaan pernuh dari orang tuanya, dan ia akan mau membersihkan kamarnya sendiri.

Berusaha Teteap Tenang

tetap tenang dalam mendidik anak yang keras kepala

Cara mendidik anak yang keras kepala jika di nasehati dengan nada tinggi, hal inilah yang malah akan membuat hubungan kamu dan akan mejadi rumit renggan.

Untuk itulah mom harus tetap sabar dalam menghadapi sikap anak yang keras kepala. Dan memberikan nasehat secara perlahan pada anak, hingga iya mau melakukan apa yang mom minta.

Menghargai Anak

Seperti yang kami kutip dari Emakbloger.com yang mengatakan bahwa anak itu minim power, mereka gak bisa ngungkapin apa yang mereka inginkan.

Untuk itu, kamu yang punya power dan lebih mengerti apa yang bisa kamu lakukan untuk anak. Mom harus lebih mengehargai anak seperti tidak egois, membuat aturan yang bisa disepakati anak, tidak mengecuhkan anak, dan percaya terhadap kemampuan yang ia miliki.

Dalam cara mendidik anak yang keras kepala, pembahasan diatas juga merupakan salah satu poin petingnya. Selain itu, hubungan yang harmonis akan terjalin dengan baik dengan anak.

Membuat Suasana Dirumah Tetap Damai

Selanjutnya, cara yang bisa mom terapkan dalam mendidik anak adalah membuat suasana di rumah tetap damai. Dengan cara ini anak akan merasa lebih tenang jika berada di rumah, dan menjadi nyaman saar bersama mom.

Melihat Dari Perspektif Anak

Untuk mengetahui yang menjadi penyebab anak menjadi keras kepala, mom mengumpamakan berada di posisi anak. Dengan begitu, mom lebih mudah mengetahui apa penyebabnya, dan bagaimana mengatasi sifat anak yang keras kepala.

Cobalah untuk memahami rasa kekecewaan, frustasi, dan kemarahan yang di alami anak. Lalu, berilah mereka dengan kasih sayang, dengan harapan agar sifat keras kepala anak segera hilang.

Bernogosiasi Dengan Anak

Mendidik anak yang keras kepala mom juga perlu mengetasinya dengan cara bernegosiasi dengan anak. Dengan begitu mom bisa mengetahui apa yang sedang diinginkan oleh anak.

Contohnya, jika anak tidak mau istirahat dan malam sudah larut. Cobalah bernegosiasi dengan mereka, atau mom juga bisa memenemani anak sambil membacakan dongeng, agar anak maun tidur.

Menjadi Teladan Anak

Jika mom sering bertengkar dirumah, hal itu bisa saja membuat anak menjadi keras kepala. Untuk itu, mom perlu memberikan contoh yang baik pada anak.

Karena pada dasarnya anak akan mengikuti apa yang mereka lihat, terutama kamu sebagai orang tua mereka yang merupakan orang terdekat. Apakah kamu ingin anak kamu menjadi seperti apa yang kamu lakukan.

Jadi, berilah mereka contoh yang baik, dan menjadi teladan yang baik bagi anak.

Nah, itulah cara mendidik anak yang keras kepala yang bisa mom terapkan dirumah. Semoga tips dari kami bisa bermanfaat yan Mom. Terimakasih :)